Analisis Film I am Sam

Nama Reviewer : Nurul Umroh
Nim     : 162030100023
Kelas   : Psikologi 2 A1

v  Film
1.     Judul film         : I am Sam
2.     Tanggal rilis     : 25 Januari 2002 (Amerika)
3.     Sutradara          : Jessie Nelson
4.     Durasi              : 2 j 14 m
5.     Produksi           : New Line Production
6.     Genre               : Drama
8.     Nominasi          : Academy Award untuk Aktor Terbaik, lainnya

v  Tokoh
1.     Sam Dawson
Mengalami mental retardasi atau tuna grahita, dimana kecerdasan intelegensinya hanya setara dengan anak berusia 7 tahun
2.     Rita Harrison Williams
Pengacara Sam secara Probono atau sukarela
3.     Lucy Diamond Dawson
Anak dari Sam, cerdas dan pengertian
4.     Annie Cassell
Tetangga Sam yang sering membantunya menjaga Lucy
5.     Mr. Turner
Lawan sam dipengadilan
6.     Ifty
memiliki gangguan perhatian defisit yang serius yaitu memiliki keterpusatan tertentu dalam keheningan dan kekacauan, dia cenderung berlebihan dalam menceritakan sesuatu
7.     Brad (as Brad Allan Silverman)
Dimainkan oleh aktor dengan cacat mental yang nyata yaitu Down Sindrom
8.     Joe
Dimainkan oleh aktor dengan cacat mental yang nyata yaitu mental retarded
9.     Robert
mempunyai sosok  overprotective, kekhawatiran  atau paranoid yang berlebihan. Hal itu dapat terlihat dari sikapnya yang waspada, meneliti setiap tingkah yang orang lain lakukan, mencurigai Rita pengacara Sam saat di wawancarai, dan meneliti semua kegiatan di ruang sidang.

v  Sinopsis Film “ I am Sam”
I am Sam adalah film drama keluarga Amerika dirilis pada tahun 2001 yang ditulis dan sekaligus disutradarai oleh Jessie Nelson. Bercerita mengenai seorang ayah yang mengalami Retardasi mental atau tuna grahita bernama Sam.
Kisah ini berawal dari kehadiran seorang bayi perempuan di kehidupan Sam yang dia beri nama Lucy Diamond Dawson terinspirasi dari lirik lagu The Beatels. Sam adalah seorang laki-laki yang bekerja di sebuah Caffe Starbuck Coffe yang menyandang keterbelakangan mental. Beberapa saat setelah bayi itu dilahirkan, Ibunya pergi meninggalkan dia begitu saja. Dengan kasih sayang tulus dia merawat bayinya dengan kemampuan apa adanya. Berbelanja perlengkapan bayi, mengenakan popok, memberi susu dan lain sebagainya dilakukan sendiri.
Sam memiliki kelompok sahabat-sahabat yang sangat baik dan selalu membantunya dalam kesusahan. Kelompok ini terdiri dari Robert, Ifty, Brad, dan Joe. Mereka mempunyai kebiasan Video Night setiap malam Kamis di rumah Sam. Karaoke setiap hari Jumat Makan bersama di IHOP setiap hari Rabu. Itu mereka lakukan setiap minggu rutin.
Suatu malam Lucy menangis sejadi-jadinya dan Sam tidak  mengetahui apa yang harus dia perbuat. Hal itu didengar oleh tetangga nya Annie yang mengalami “Agoraphobic” yaitu suatu kondisi dimana seseorang merasa kekhawatiran yang berlebihan dan suka panik atau mungkin takut dalam keramaian. Annie menelpon Sam dan menanyakan apa yang dia lakukan kepada bayinya sehingga dia menangis seperti itu. Akhirnya Annie menyuruh Sam membawa bayi itu ke rumahnya dan memberikannya penjelasan bagaimana memberi makan kepada bayi. Bahwa bayi butuh makan satu kali per dua jam. Annie menjelaskan dengan cara agar Sam mengerti yaitu dengan mengkondisikan waktu acara di televisi.
Semakin hari Lucy pun semakin besar Ketika Sam bekerja dia menitipkan Lucy kepada annie. Lucy tumbuh menjadi gadis cantik dan pintar. Bahkan Lucy memiliki kapasitas kecerdasan lebih dari Sam. Dia mempunyai pertanyaan-pertanyan jenius seperti kenapa bulan mengikutinya ke rumah, kenapa ada salju,kenapa orang botak dan sebagainya. Sam sebagai seorang ayah dengan keterbatasan yang dia miliki menjawab seadanya sesuai apa yang dia pikirkan dan bahkan dia hanya mengulang pertanyaan itu saja. Sam sebagai seorang ayah mental retarded mampu merawat, membesarkan dan mendidik putri nya menjadi seorang putri yang cerdas, penuh dengan keingintahuan yang besar dan menerima semua kekurangan ayahnya dengan ikhlas. Dia mendidik nya dengan menyuruh mengerjakan tugas sekolahnya setiap malam. Jika Lucy menolak untuk tidak mau membaca dia akan tegas sebagai seorang ayah tapi dia tidak memarahi Lucy, dia hanya memberikan alasan yang membuat Lucy semakin menyayangi ayahnya mengapa dia ingin Lucy melakukan itu. Sebagai seorang ayah Sam merawatnya dengan penuh kasih sayang dari lubuk hatinya. Sam selalu membacakan buku cerita yang telah dihafalnya berjudul “Green Egg and Ham by Dr.Seuss”. Tokoh dalam  buku juga bernama Sam.
Suatu hari saat membeli sepatu sekolah Lucy karena ia akan mulai bersekolah. Sam tidak hanya berdua dengan Lucy tapi ditemani oleh sahabat-sahabatnya. Mereka semua berpartisipasi, saling memilihkan sepatu yang cocok untuk Lucy. Disini ditemukan adegan lucu dari para sahabat-sahabat Sam yang juga mengalami beberapa macam hambatan. Brad menawarkan  Lucy dua sepatu bewarna pink, salah satu diantaranya dilengkapi dengan cahaya-cahaya jika di hentakkan. Ifty juga tak kalah untuk memberikan saran kepada Lucy, dia memperlihatkan sepatu bewarna pink lengkap dengan filosofinya mengapa dia memilihkan yang itu. Joe juga menawarkan dengan ekspresinya yang tenang sepatu hitam highheel untuk dewasa. Yang terakhir, Robert dengan wajah paranoidnya menawarkan sebuah sepatu untuk dewasa. Akhirnya Lucy memutuskan dan memilih sendiri sepatu yang disukainya.
Disini terlihat sekali kepedulian sahabat-sahabatnya kepada Sam dan Lucy. Klimaks dari bagian adegan ini adalah saat pembayaran sepatu. Sam tidak mempunyai cukup uang untuk harga sepatu itu. Namun sahabat-sahabatnya saling membantu dengan mendonasikan uang yang mereka miliki agar mencapai harga yang ditetapkan.Sahabat-sahabat Sam mendukungnya baik dari segi emosional, tenaga dan juga financial. Melihat hal itu, sang penjual pun terharu,itu terlihat sekali dari ekspresi wajah yang dia tampilkan. Mereka pun pulang dengan balon yang mereka dapatkan dari penjual sepatu.
Sam adalah sosok seorang ayah yang menerima setiap perilaku baik anaknya. Dia tidak ingin memaksakan kesempurnaan. Terlihat saat hari pertama Lucy sekolah dan melakukan presentasi di depan kelas. Dapat dibedakan dengan sosok ayah dari teman Lucy di sekolah saat anaknya presentasi, anaknya salah dalam melakukan presentasi, ayahnya malah marah dan menekan anaknya supaya tampil sempurna. Hal itu dapat mempengaruhi emosi sang anak sehingga menjadi tidak baik.
Begitulah Sam mendidik putrinya dengan kasih sayang yang besar. Karena Lucy sangat menjaga perasaan ayahnya,dia bahkan tidak mau membacakan buku mengenai mengapa manusia berbeda. Lucy mempunyai sifat bijak dan pengertian, sabar dan kasih sayang yang besar. Lucy dapat mengendalikan dirinya ketika Sam mengamuk saat mereka makan berdua di restoran lain selain tempat yang biasa mereka kunjungi. Sam meminta makanan seperti yang biasa dimakan di IHOP, tapi restoran tersebut tidak dapat menyediakan. Saat pesta Halloween Lucy merasa sedih dan marah karena teman-temannya menertawakan ayahnya yang mental retarded. Namun Lucy tetap mencintai ayahnya dan bangga karena tidak ada ayah yang sanggup seperti ayahnya seperti bermain ke taman dan lain sebagainya.
Konflik di Film ini dimulai ketika pesta kejutan ulang tahun Lucy ke tujuh yang dibuat oleh Sam dibantu oleh para sahabat-sahabat dan lainnya. Saat membuka pintu Lucy melihat ayahnya didorong hingga terjatuh. Ayahnya didorong karena menyentuh  Conner agar berada pada posisi surprise. Namun Conner marah dan merasa keadaan Sam tersebut (mental retarded) memindah. Ayah Conner pun marah dan mendorongnya. Conner berbohong dengan mengatakan bahwa Lucy mengatakan kepadanya bahwa Sam bukan ayahnya tapi dia di adopsi. Lucy kemudian lari karena belum siap dengan hal itu. Hal itu disaksikan oleh Loretta Devine seorang wanita dari dinas sosial yang pernah ditemui Sam di kantor polisi saat Sam terjerat kasus dengan wanita penghibur. Dinas sosial perlindungan anak menilai bahwa ini sebuah kasus yang cukup serius dan perlu ditangani oleh negara. Menurut mereka Lucy yang semakin tumbuh menjadi dewasa perlu mempunyai orang tua asuh, karena Sam yang mempunyai kapasitas IQ dibawah Lucy yaitu dibawah anak usia 7 tahun takkan mengerti membesarkan seorang anak yang lebih cerdas dari dia. Sam pun dibawa ke dinas sosial untuk selanjutnya diteliti. Lucy pun ditangkap dan dibawa secara terpisah. Untuk mendapatkan kembali hak asuhnya terhadap Lucy, Sam harus menyewa seorang pengacara untuk memperjuangkannya.
Sam menemukan seorang pengacara wanita yang cerdik, super sibuk, seorang ibu yang tidak mempunyai waktu bersama putranya dan kurang memberikan perhatiannya, seorang istri yang ditinggal suaminya karena kesibukannya. Pengacara wanita tersebut bernama Rita Harrison yang diperankan dengan piawai oleh aktris Michelle Pfeiffer. Rita tampil dengan kehidupan yang mewah dan sombong. Karena sikap pamer dan kesombongan kepada teman-temanya dia terjebak untuk menjadi pengacara pro bono (sukarela) untuk Sam, yang pada awalnya dia tidak bersedia karena Sam tidak sanggup untuk membayarnya perjam. Tapi akhirnya Rita pun luluh dan belajar dari kehidupan Sam. Dia mendapat pelajaran berharga selama menjadi pengacara pro bono untuk Sam. Rita sangat cerdik menjawab dan memberikan statement di persidangan pengembalian hak asuh Sam terhadap Lucy. Rita memberikan jasanya secara gratis, bersabar dalam sela sela waktunya yang begitu sangat padat, mencoba mencari fakta dan dukungan terhadap kasus yang dialami Sam. Dia mencoba meminta kesaksian dan dukungan dari sahabat-sahabat Sam tentang mengapa Sam pantas jadi seorang ayah dari Lucy. Namun hal itu tidak berhasil karena alasan-alasan yang diberikan sahabat-sahabatnya ini tidak tepat. Dia mencoba meminta Sam untuk mencarikan saksi yang lulusan dari perguruan tinggi atau yang bekerja secara implisit maksudnya mencari seorang yang memiliki kapasitas orang-orang pada umumnya yang bisa mengarahkan pembicaraan. Sam meminta bantuan Annie, tapi Annie khawatir dia tak kan bisa melakukannya. Namun akhirnya karena kecintaannya kepada Lucy dia datang ke persidangan. Rita sangat pintar untuk melawan semua statement yang diberikan lawannya Mr. Turner yang diperankan oleh Richard Schiff yang mempunyai statement pedas yang pada akhir persidangan memberikan pertanyaan-pernyataan yang sangat menyudutkan sisi ke emosionalan seorang Sam, sehingga Sam kehilangan kendali dan menjadi kacau. Pada akhirnya pun mereka tidak berhasil memenangkan hak asuh nya terhadap Lucy. Hak asuh Lucy jatuh ke tangan orang tua angkatnya Randy Carpenter yang diperankan oleh aktris Laura Dern.  Karena ikatan kasih sayang anatara orang tua dan anak Sam dan Lucy tidak dapat dipisahkan. Meski hak asuh nya telah jatuh ke tangan orang lain, Sam dan Lucy masih saja tetap bersama. Sam akhirnya membeli rumah di dekat rumah orang tua asuh Lucy dan memiliki pekerjaan baru yaitu perawat anjing. Setiap malam pun Lucy tetap bolak-balik ke rumah Sam memanjat jendela nya. Sampai-sampai akhirnya Randy orang tua asuh Lucy mengaku dan menyerahkan Lucy kembali kepada Sam dengan syarat dia tetap ikut berpartisipasi merawat Lucy sampai besar.
Klimaks dari Film ini Sam menjadi wasit di pertandingan futsal Lucy yang dihadiri oleh seluruh sahabat-sahabat dan orang-orang yang telah Sam kenal. Lucy membuat goal dan Sam menggendong Lucy dan membawanya berlari karena kegembiraannya. Pengambilan gambar dan diiringi musik yang bagus mendukung suasana menjadi haru dan bahagia.

v  Analisis psikologi:
Berdasarkan review film I am Sam diatas, dapat diketahui bahwa salah satu tokohnya bernama Sam Dawson yang diperankan oleh Sean Penn mengalami Retardasi Mental. Retardasi mental adalah keadaan dengan Intelegensi yang kurang (subnormal) sejak masa perkembangan (sejak lahir atau sejak masa anak), biasanya terdapat perkembanagn mental yang kurang secara keseluruhan tetapi gejala utama pada retardasi mental ialah intelegensi yang terbelakang atau keterbelakangan mental. Keadaan ini dikenal juga Tunagrahita. Anak tunagrahita memiliki IQ di bawah rata-rata anak normal pada umumnya, sehingga menyebabkan fungsi kecerdasan dan intelektual mereka terganggu yang menyebabkan permasalahan-permasalahan lainnya yang muncul pada masa perkembangannya. Hal tersebut sejalan dengan AAMD yang dikutif Grossman (Krik & Gallagher, 1986:116) dan diterjemahkan oleh Astati dan Lismulyati bahwa :
Tunagrahita mengacu pada fungsi intelek umum yang nyata berada di bawah rata-rata bersamaan dengan kekurangan dalam adaptasi tingkah laku dan berlangsung dalam masa perkembangan.
Klasifikasi Tunagrahita:
Klasifikasi anak tunagrahita menurut AAMD (American Assosiation on Mental Deficiency) dan PP No. 72 tahun 1991 dalam Amin (1995:22-24) klasifikasi anak tunagrahita terbagi menjadi tiga kelompok sebagai berikut :
1.     Tunagrahita ringan
Mereka yang termasuk dalam kelompok ini meskipun kecerdasannya dan adaptasi sosialnya terhambat, namun mereka mempunyai kemampuan untuk berkembang dalam bidang pelajaran akademik, penyesuaian sosial dan kemampuan bekerja. Mereka mempunyai IQ antara kisaran 50 s/d 70.
2.     Tunagrahita sedang
Anak tunagrahita sedang memiliki kemampuan intelektual umum dan adaptasi perilaku di bawah tunagrahita ringan. Mereka dapat belajar keterampilan sekolah untuk tujuan-tujuan fungsional, mencapai suatu tingkat “tanggung jawab sosial” dan mencapai penyesuaian sebagai pekerja dengan bantuan. Mereka mempunyai IQ antara 30 s/d 50.
3.     Tunagrahita berat dan sangat berat
Anak yang tergolong dalam kelompok ini pada umumnya hampir tidak memiliki kemampuan untuk di latih mengurus diri sendiri melakukan sosialisasi dan bekerja. Di antara mereka (sampai batas tertentu) ada yang dapat mengurus diri sendiri dan dapat berkomunikasi secara sederhana serta dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya yang sangat terbatas. IQ mereka rata-rata 30 kebawah.
Sam mengalami Tunagrahita ringan karena sam masih bisa bekerja dan bisa bersosialisasi
 Faktor Tunagrahita:
Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang menjadi Tuna Grahita. Para ahli dari berbagai ilmu telah berusaha membagi faktor-faktor penyebab ini diantaranya adalah sebagai berikut:
1.     Faktor keturunan
Adanya kelainan kromosom baik autosom (mempunyai kromosom 3 ekor pada kromosom nomor 21 sehingga anak mengalami Langdon Down’s S yndrome dan pada trisomi kromosom nomor 15 anak akan menderita Patau’s Syndrome dengan cicri-ciri berkepala kecil, mata kecil, berkuping aneh, sumbing, dan kantung empedu yang besar . Adanya kegagalan meiosis sehingga menimbulkan duplikasi dan translokasi) maupun kelainan pada gonosom (gonosom yang seharusnya XY, karena kegagalan menjadi XXY atau XXXY. Ciri yang menonjol adalah nampak laki-laki dan Tuna Grahita. Setelah mencapai masa puber tubuhnya menjadi panjang, gayanya mirip wanita, berpayudara besar).
2.     Gangguan metabolisme dan Gizi
Metabolisme dan gizi merupakan hal yang penting bagi perkembangan individu terutama perkembangan sel-sel otak. Beberapa kelainan yang disebabkan oleh kegagalan metabolisme dan kekurangan gizi diantaranya adalah sebagai berikut:

Ø  Phenylketonuria
Salah satu akibat gangguan metabolisme asam amino juga kelainan gerakan enzym phenylalanine hydroxide. Gejala umum yang nampak adalah Tuna Grahita, kekurangan pigmen, microcephaly, serta kelainan tingkah laku.
Ø   Cretinisme
Disebabkan oleh keadaan hypohyroidism kronik yang terjadi selama masa janin atau segera setelah melahirkan. Berat ringan kelainan tergantung pada tingkat kekurangan thyroxin. Gejala utama yang tampak adalah adanya ketidaknormalan fisik yang khas dan keTuna Grahitaan dan awal gejalanya dengan kurangnya nafsu makan, anak menjadi sangat pendiam, jarang tersenyum dan tidur yang berlebihan.
3.     Infeksi dan keracunan
Adanya infeksi dan keracunan terjangkitnya penyakit-penyakit selama janin masih berada dalam kandungan ibunya yang menyebabkan anak lahir menjadi Tuna Grahita.

Ø  Rubella, penyakit ini menjangkiti ibu pada dua belas minggu pertama kehamilan. Selain Tuna Grahita, ketidaknormalan yang disebabkan penyakit ini adalah kelainan pendengaran, penyakit jantung bawaan, berat badan yang sangat rendah pada waktu lahir dan lain-lain.
Ø  Syphilis bawaan, kondisi bayi yang terkena Syphilis adalah kesulitan pendengaran, hidungnya tampak seperti hidung kuda.
Ø  Syndrome Gravidity Beracun, ketuna grahitaan yang timbul dari Syndrome Gravidity Beracun terjadi pada sebagian bayi yang lahir prematur, kerusakan janin yang disebabkan oleh zat beracun, dan berkurangnya aliran darah pada rahim dan plasenta
4.     Trauma dan zat radioaktif
Trauma otak yang terjadi dikepala dapat menimbulkan pendarahan intracranial terjadinya kecacatan pada otak. Ini biasanya disebabkan karena kelahiran yang sulit sehingga memerlukan alat bantu (tang). Selain itu penyinaran atau radiasi sinar X selama bayi dalam kandungan mengakibatkan cacat mental microcephaly.
5.     Masalah pada kelahiran
Adanya kelahiran yang disertai hypoxia (kejang dan nafas pendek) dipastikan bahwa bayi yang akan dilahirkan menderita kerusakan otak.
6.     Faktor lingkungan
Latar belakang pendidikan orang tua sering juga dihubngkan dengan masalah-masalah perkembangan. Kurangnya kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan dini serta kurangnya pengetahuan dalam memberikan rangsang-rangsang positif dalam masa perkembangan anak dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya gangguan atau hambatan dalam perkembangan anak. Kurangnya kontak pribadi dangan anak, misalnya dengan tidak mengajaknya berbicara, tersenyum, bermain yang mengakibatkan timbulnya sikap tegang, dingin dan menutup diri. Kondisi demikian akan berpengaruh buruk terhadap perkembangan anak baik fisik maupun mental intelektualnya.
Kemampuan anak Tunagrahita:
Kemampuan anak Tuna Grahita dapat diungkap berdasarkan beberapa gejala yang tampak, antara lain:
1.     Gejala Fisik Pada Anak Tuna Grahita:
Ø  Tubuh kecil, pendek, kulit dan rambut kasar (cretine)
Ø   Kepala lebih kecil dari ukuran kepala pada anak umumnya yang seusia (microcephal)
Ø  Kepala lebih besar dari ukuran kepala pada anak umumnya yang seusia (macrocephal/hidrocephal)
Ø    Mata sipit, hidung pesek, kepala agak kecil, otot tangan lemas, jari tangan
pendek-pendek, lidah tebal, garis-garis tangan tidak jelas, kulit kering dan
sensitive terhadap penyakit kulit (mongoloid/down syndrome
)
Ø  Kelayuan otak sehingga timbul disfungsi otak Cerebral Palsy (CP)
Hambatan aktivitas anak Tuna Grahita yang disebabkan oleh gejala pisik:
Ø Anak cretin, gerak-geriknya lambat, tapi ada pula yang hiperaktif, muka kosong, bertindak tanpa dipikir/dipertimbangkan dulu, bicara sukar dan tidak sempurna
Ø Anak microcephal, bergerak ada yang lamban dan ada yang lincah, terhuyung, muka kosong, melakukan aktivitas tanpa pikir panjang dan bicaranya tidak sempurna
Ø  Anak macrocephal/hidrocephal, mengalami ketidak seimbangan dalam dalam berjalan, gerakan tangan agak lemas.
Ø   Anak mongoloid/down syndrome, aktivitas kurang lincah, muka kosong, tidak ada kematangan berfikir, mata kurang awas sehingga mengganggu penglihatannya, bicara tidak jelas, kulit sensitive terhadap penyakit kulit seperti gatal-gatal sehingga mengganggu konsentrasi belajarnya
Ø  Anak Cerebral Palsy (CP), gangguan motorik seperti spastic (gerak tidak terkontrol) dan atetoid (otot-otot kaku saat digerakkan)
2.     Gejala Psikis Anak Tuna Grahita:
Ø  Mudah dipengaruhi (tidak mempunyai pendirian yang kuat)
Ø  Kurang dapat menahan diri (keinginan harus segera terpenuhi)
Ø  Melanggar ketentuan (tingkah laku anak cenderung melanggar aturan / norma / etika)
Ø  Kecenderungan merusak (jika anak mempunyai barang apa pun maka tidak mampu merawat bahkan merusaknya)
Ø  Ketakutan yang berlebihan (jika takut sesuatu akan tampak berlebihan, bahkan sampai keluar keringat dingin)
Ø  Tidak dapat dipercaya, (anak tidak dapat bertanggungjawab sepenuhnya terhadap kepercayaan yang dibebankan)
Ø   Menyendiri, (anak sering menyendiri tidak mau bergaul dengan temannya)
Ø   Ceroboh, dalam mengerjakan sesuatu dikerjakannya dengan asal, tanpa berhati-hati
Ø  Konsentrasi mudah terpecah, konsentrasi yang kurang menyebabkan pekerjaannya tidak diselesaikan karena perhatiannya beralih pada hal-hal yang lain
3.     Gejala Bahasa Anak Tuna Grahita:
Ø  Bicaranya terlambat
Ø   Perbendaharaan kata / bahasa terbatas
Ø   Bicara gagap / tidak jelas
Ø   Tidak bias mengungkapkan keinginannya melalui bahasa / bicara
Ø   Tidak bias memahami pembicaraan orang lain
Ø   Daya fantasinya kurang
Ø  Sering membeo
Ø  Bahasa reseptifnya kurang berkembang
Kosa kata sam terbatas sehingga dia  cenderung untuk menjawab  ulang respon terhadap pertanyaan yang berbeda. Bicaranyapun tidak jelas.
4.     Gejala Emosi Anak Tuna Grahita:
Ø  Gejala emosi positif:
Cinta,girang,simpatik,semangat mengerjakan sesuatu 
Ø  Gejala emosi negative:
Takut pada guntur,takut dokter,takut gelap,takut terhadap orang asing,takut kegagalan,takut diejek teman,takut terhadap tokoh film, takut pada lingkungan yang baru,takut berbicara / mengeluarkan kata-kata,malu dengan orang yang baru dikenal
Anak Tuna Grahita memiliki kelemahan dalam hal komunikasi, interaksi, adaptasi, maupun intelektual (berpikir). Karakteristik yang paling menonjol yang membedakan antara anak Tuna Grahita dan non-Tuna Grahita umumnya mereka mengalami defisit dalam keterampilan bahasa.
Jenis-jenis Terapy yang dibutuhkan untuk  tunagrahita:
1.     Fisioterapi, suatu terapi awal yang diperlukan oleh anak tuna grahita dikarenakan tuna grahita terlahir dengan tonus yang lemah, dengan terapi awal ini berguna untuk menguatkan otot-otot mereka sehingga kelemahannya dapat di atasi dengan latihan-latihan penguatan otot.
2.     Terapi Wicara, suatu terapi yang di pelukan untuk anak tuna grahita atau anak bermasalah dengan keterlambatan bicara, dengan deteksi dini di perlukan untuk mengetahui seawal mungkin menemukan gangguan kemampuan berkomunikasi, sebagai dasar untuk memberikan pelayanan terapi wicara.
3.     Terapi Okupasi, terapi ini di berikan untuk dasar anak dalam hal kemandirian, kognitif/pemahaman, dan kemampuan sensorik dan motoriknya. Kemandirian diberikan kerena pada dasarnya anak "bermasalah" tergantung pada orang lain atau bahkan terlalu acuh sehingga beraktifitas tanpa komunikasi dan memperdulikan orang lain. Terapi ini membantu anak mengembangkan kekuatan dan koordinasi, dengan atau tanpa menggunakan alat.
4.     Terapi Remedial, terapi ini diberikan bagi anak yang mengalami gangguan akademis skill, jadi bahan bahan dari sekolah bias dijadikan acuan program.
5.     Terapi kognitif, terapi ini diberikan bagi anak yang mengalami gangguan kognitif dan perceptual, missal anak yang tidak bisa berkonsentrasi, anak yang mengalami gangguan pemahaman, dll.
6.     Terapi sensori integrasi, terapi ini diberikan bagi anak yang mengalami gangguan pengintegrasian sensori, misalnya sensori visual, sensori taktil, sensori pendengaran, sensori keseimbangan, pengintegrasian antara otak kanan dan otak kiri, dll.
Anak di ajarkan berprilaku umum dengan pemberian system reward dan punishment. Bila anak melakukan apa yang di perintahkan dengan benar, makan diberikan pujian. Jika sebaliknya anak dapat hukuman jika anak melakukan hal yang tidak benar. Dengan perintah sederhana dan yang mudah di mengerti anak.
7.     Terapi snoezelen, snoezelen adalah suatu aktifitas terapi yang dilakukan untuk mempengaruhi CNS melalui pemberian stimulasi pada system sensori primer seperti visual, auditori, taktil. Taste, dan smell serta system sensori internal seperti vestibular dan proprioceptif dengan tujuan untuk mencapai relaksasi dan atau aktifiti. Snoezelen merupakan metode terapi multisensories.Terapi ini di berikan pada anak yang mengalami gangguan perkembangan motorik, misalnya anak yang mengalami keterlambatan berjalan.
v  Aspek Mental di dalam film I am Sam
1.     Kesadaran
Kesadaran merupakan kemampuan individu mengadakan hubungan dengan lingkungannya serta dengan dirinya sendiri (melalui panca inderanya) dan mengadakan pembatasan terhadap lingkungannya serta terhadap dirinya sendiri (melalui perhatian). 
            Jenis gelombang:
Beta
Beta adalah gelombang otak yg frekuensinya paling tinggi. Beta dihasilkan oleh proses berpikir secara sadar. Beta terbagi menjadi tiga, yaitu beta rendah 12-15 Hz, beta 16-20 Hz, dan beta tinggi 21-40 Hz. Kita menggunakan beta untuk berpikir, berinteraksi, dan menjalani kehidupan sehari-hari. Bersama dgn gelombang lainnya, beta sangat dibutuhkan dlm proses kreatif. Tanpa beta, semua kreativitas yg merupakan hasil pikiran bawah sadar akan tetap terkunci di bawah sadar, tanpa bisa terangkat ke permukaan dan disadari oleh pikiran. Walaupun beta merupakan satu komponen yg sangat penting dari kondisi kesadaran kita, bila kita beroperasi semata-mata hanya dengan jenis gelombang ini, tanpa didukung oleh frekuensi yg lebih rendah, maka akan menghasilkan satu kehidupan yg dipenuhi dgn kekhawatiran, ketegangan, dan proses berpikir yg tidak fokus.
Alfa
        Alfa adalah jenis gelombang yg frekuensinya sedikit lebih lambat dibandingkan beta, yaitu 8-12 Hz. Alfa berhubungan dgn kondisi pikiran yg rileks dan santai. Dalam kondisi alfa, pikiran dapat melihat gambaran mental secara sangat jelas dan dapat merasakan sensasi dgn lima panca indera dari apa yg terjadi atau dilihat dlm pikiran. Alfa adalah pintu gerbang bawah sadar. Manfaat alfa yg utama dan paling penting adalah sebagai jembatan penghubung antara pikiran sadar dan bawah sadar. Alfa memungkinkan kita untuk menyadari keberadaan mimpi dan keadaan meditasi terdalam yg kita capai. Tanpa alfa, kita tidak akan dapat mengingat mimpi atau dunia meditasi yg sangat dalam saat kita terbangun atau selesai bermeditasi.
Theta
        Theta adalah gelombang pada kisaran frekuensi 4-8 Hz, yang dihasilkan oleh pikiran bawah sadar. Theta muncul saat kita bermimpi dan saat terjadi REM (Rapid Eye Movement). Pikiran bawah sadar menyimpan memori jangka panjang kita dan juga merupakan gudang inspirasi kreatif. Selain itu, pikiran bawah sadar juga menyimpan materi yg berasal kreativitas yg ditekan atau tidak diberi kesempatan untuk muncul ke permukaan dan materi psikologis yg ditekan. Meskipun kita dapat masuk ke theta dan mengakses berbagai materi yg disimpan disana, bila tidak dibantu dgn gelombang alfa dan beta, semua materi itu tidak dapat dikenali oleh pikiran sadar. Semua materi yg berhubungan dgn emosi, tersimpan dalam pikiran bawah sadar. Emosi-emosi negatif yg tidak teratasi dgn baik, setelah masuk ke pikiran bawah sadar, akhirnya menjadi beban psikologis yg menghambat kemajuan diri seseorang.
Bila kita berhasil masuk ke kondisi theta, kita akan mengalami kondisi meditatif tg sangat dalam. Misalnya keheningan, ketenangan, kedalaman, dan puncak kebahagiaan, dirasakan di dalam theta. Saat komponen gelombang lainnya berada dalam takaran yg pas, bersama dgn theta, kita dapat merasakan pengalaman "ah-ha". Saat kita ingin mengobati dan menyembuhkan tubuh atau pikiran, kita harus masuk ke theta agar dapat mencapai hasil maksimal.
Delta
        Delta adalah gelombang otak yg paling lambat, pada kisaran frekuensi 0,1-4 Hz, dan merupakan frekuensi dari pikiran nirsadar (unconscious mind). Pada saat kita tidur lelap, otak hanya menghasilkan gelombang delta agar kita dapat istirahat dan memulihkan kondisi fisik. Pada orang tertentu, saat dalam kondisi sadar, delta dapat muncul bersamaan dgn gelombang lainnya. Dalam keadaan itu, delta bertindak sebagai 'radar' yg mendasari kerja intuisi, empati, dan tindakan yg bersifat insting. Delta juga memberikan kebijakan dgn level kesadaran psikis yg sangat dalam.
        Gelombang delta sering tampak dalam diri orang yg profesinya bertujuan membantu orang lain, orang yg perlu memahami kondisi mental, psikologis, atau emosi orang lain. Delta muncul tidak hanya saat kita memperhatikan orang lain, namun juga muncul saat kita berusaha mengerti ide atau konsep, objek atau seni, atau apa saja yg membutuhkan kesadaran nirsadar yg sangat dalam.
        Delta juga disebut dengan orienting response karena berfungsi mengarahkan kita dalam hal waktu dan ruang. Delta berfungsi sebagai sistem peringatan dini untuk merasakan adanya ancaman atau bahaya. Delta memungkinkan kita untuk 'melihat' informasi yg tidak ditangkap oleh pikiran sadar. Dari sudut pandang negatif, delta juga dapat digunakan untuk kondisi berhati-hati yg berlebihan (hypervigilance). Sikap hati-hati yg berlebihan, atau lebih tepat disebut dgn kepekaan, berguna untuk anak yg mengalami abuse untuk memastikan kondisi emosi orangtua nya. Dari pengamatan, anak itu akan tahu apakah orangtua nya akan memukul atau menghukum dirinya. Masalah akan timbul bila anak bertumbuh dgn delta yg berlebihan dan secara terus-menerus 'membaca' kondisi emosi di lingkungan sekitarnya dan berusaha mengendalikan kondisi ini demi keselamatan hidupnya.
        Orang dewasa yg terlalu peka, sebagai hasil dari mengembangkan sikap berhati-hati secara berlebihan sejak kecil, dapat secara positif mengarahkan kepekaannya ini pada kemampuan persepsi psikis dan penyembuhan. Hal itu dapat dicapai karena radar delta yg telah sangat berkembang dalam dirinya. Delta juga dihubungkan dengan konsep collective unconscious
          Sam menyadari bahwa dia mengalami mental retardasi atau tuna grahita, dimana kecerdasan intelegensinya hanya setara dengan anak berusia 7 tahun. Kesadaran ini masuk kedalam jenis gelombang Beta karena dia berfikir secara sadar.

2.     Memori
Memori atau disebut juga ingatan ialah suatu daya yang dapat menerima, menyimpan, dan memproduksi kembali informasi yang telah lampau.
Jenis memori ada dua yaitu :
Ø  Memori jangka pendek, yakni memori atau ingatan yang berada dalam jangka waktu tertentu. Penyimpanan pada ingatan jangka pendek mempunyai kapasitas yang terbatas, sehingga dapat dengan mudah tergantikan oleh informasi yang lebih baru. Kapasitas penyimpanannya kurang lebih sebanyak antara 7 s.d. 12 butir atau chunk (kelompok unit) informasi. Apabila batas ini sudah penuh, maka informasi baru yang datang kemudian akan mengalihkan butir yang sudah ada. Butir-butir yang belum dialihkan dapat diingat kembali melalui suatu proses yang menguji setiap butir secara bergantian.
Ø   Memori jangka panjang, yaitu memori yang berada dalam jangka waktu yamg lebih lama. Kelemahan ingatan sering terjadi pada ingatan jangka panjang ini dan biasanya terjadi karena kegagalan pengingatan kembali. Sedangkan proses ingatan jangka panjag dimulai ketika chungking atau pengelompokan informasi menjadi unit-unit, lalu informasi itu dikonding ulang (recode) menjadi unit-unit yang besar dan bermakna sehingga informasi itu disimpan dalam ingatan jangka pendek untuk kemudian diolah dan disusun maknanya menjadi informasi ada dalam ingatan jangka panjang. Makin banyak seseorang merinci makna sebuah informasi, maka makin banyak ingatan yang ia miliki.
Memori jangka pendek, Sam mudah lupa apa yang baru saja dipelajarinya. Seperti ketika dia disuruh  menghafal jawaban untuk persiapan persidangannya, Sam bekerja keras untuk menghafal jawaban tersebut dengan cara mengulang-ulang kata yang disampaikan oleh pengacaranya.
Memori jangka panjang, kesulitan sam untuk mengingat hal-hal baru yang telah dia pelajari berdampak pada memori jangka panjangnya membuat dia mengingat lebih keras, tapi kalau sam mempelajarinya hampir tiap hari maka sam akan ingat terus seperti dongeng yang setiap malam dibacakan oleh Sam untuk Lucy, dia hafal sekali dengan dongeng tersebut karena hampir tiap malam dia membacakannya untuk Lucy.
3.     Emosi
Secara etimologi atau asal bahasa, emosi diambil dari bahasa Latin yaitu ‘movere‘ yang artinya “menggerakkan atau bergerak”. Kata ‘Movere’ lalu ditambah dengan awalan ‘e’ yang artinya ” bergerak menjauh”. Dengan demikian, definisi emosi adalah suatu gejala dari psiko fisiologis yang akan menimbulkan efek pada persepsi, sikap dan tingkah laku yang diwujudkan dalam bentuk suatu ekspresi tertentu.
Emosi berdasarkan arah aktivitasnya dapat digolongkan sebagai berikut:
Ø Emosi marah, dalam emosi ini mengekspresikan ketidak sukaan dan menolak terhadap suatu peristiwa. Dalam aktivitasnya tentu seseorang akan berarak menentangnya secara aktif.  Kemarahan selalu terlihat berhubungan dengan keadaan tertentu. Kemarahan bisa pula timbul sehubungan dengan keadaan yang sebetulnya tidak lazim menimbulkan kemarahan. Itu tergantung dari factor belajar dan pendewasaan.
Ø Emosi Takut, dalam emosi takut tentu seseorang akan berarak meninggalkannya.
Ø Emosi Cinta, emosi ini merupakan gambaran kesenangan bagi si pelaku, tentunya mereka akan mendekatinya. Lalu apa itu definisi cinta sendiri? Tentunya sama halnya jika kita dsisuruh untuk mendefinisikan ihwal dalam kebahagiaan. Dalam bukunya The Art of Loving, erich Fromm sedemikian jauh telah berbicara mengenai cinta sebagai alat untk mengatasi keterpisahan manusia, sebagai pemenuhan kerinduan akan kesatuan.
Ø Emosi Depresi,seseorang mulai menutup ekspresi terbuka daripada emosi-emosinya, dan akan meluapkan dalam dirinya saja.
Sam ini unik, emosinyapun berbeda dengan orang seumurannya. Sam merasakan senang saat bermain di Taman denagn Lucy, tapi Sam juga merasakan sedih saat dipisahkan dengan Lucy, meskipun kadang berlebihan seperti pada saat Sam dan Lucy pergi ke Restauran kemudian Sam memesan makanan kesukaanya tetapi didalam menu tidak ada, kemudian sam memarahi pelayannya.
4.     Intelegensi
 Intelegensi berasal dari bahasa Inggris “Intelligence” yang juga berasal dari bahasa Latin yaitu “Intellectus dan Intelligentia atau Intellegere”. Teori tentang intelegensi pertama kali dikemukakan oleh Spearman dan Wynn Jones Pol pada tahun 1951. Spearman dan Wynn mengemukakan adanya konsep lama mengenai suatu kekuatan (power) yang dapat melengkapi akal pikiran manusia tunggal pengetahuan sejati. Kekuatan tersebut dalam bahasa Yunani disebut dengan “Nous”, sedangkan penggunaan kekuatannya disebut “Noeseis”. Intelegensi berasal dari kata Latin,yang berarti memahami. Jadi intelegensi adalah aktivitas atau perilaku yang merupakan perwujudan dari daya atau potensi untuk memahami sesuatu.
Sam memiliki kecerdasan dibawah rata-rata, meskipun usianya 30an tetapi dia setara dengan anak yang berusia 7 tahun. Semakin rendah IQ maka seseorang akan sulit memahami sesuatu, pada saat sam melakukan hal-hal baru dia kesulitan untuk menerimanya, dia bisa saja menerimanya tetapi dengan cara diulang terus menerus, pada saat membacakan dongeng barupun sam kesulitan membacanya, cara membacanya terbatah-batah.
5.     Komunikasi
Komunikasi merupakan sebuah peristiwa sosial yang terjadi ketika seorang manusia berinteraksi dengan manusia yang lain. Secara psikologis, peristiwa sosial akan membawa kita kepada psikologi sosial. Pendekatan psikologi sosial adalah juga pendekatan psikologi komunikasi.
Komunikasi dibagi menjadi 2, yaitu:
Ø  Komunikasi verbal, Komunikasi Verbal adalah suatu bentuk komunikasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan cara tertulis atau dengan cara lisan.
Ø  Komunikasi non verbal, komunikasi non verbal adalah kebalaikan dari komunikasi verbal yaitu suatu proses dari komunikasi yang dimana penyampaian informasi atau pesannya tidak memakai kata-kata komunikasi ini sering disebut juga dengan bahasa isyarat.
Komunikasi yang digunakan Sam yaitu komunikasi verbal, Sam  berkomunikasi tidak begitu lancartapi orang memahami apa yang dia katakan. Sam juga menunjukkan kecenderungan menjawab dengan ulang respon terhadap pertanyaan yang berbeda.
6.     Kreativitas
Kreativitas adalah suatu proses yang tercermin dalam kelancaran, kelenturan (fleksibilitas) dan originalitas dalam berfikir (Utami Munandar, 1977)
Kreativitas Sam ditunjukkan saat menata gula antara warna bungkus gula satu dengan yang lainnya, dia juga kerab menata gelas dan sedotan. Itu dilakukan untuk memudahkan seseorang mengambilnya. Pada saat dia dirumah kesepian dia membuat banyak sekali origami dirumahnya.
7.     Persepsi
Persepsi dalam arti sempit adalah penglihatan, bagaimana cara seseorang melihat sesuatu . Dalam arti luas adalah pandangan atau pengertian , yaitu bagaimana seeseorang memandang atau mengartikan sesuatu.
Sam kesulitan mempersepsikan apa yang dia lihat dan yang dia tau. Pada saat Lucy mempunyai pertanyaan- pertanyaan jenius seperti, mengapa bulan mengikutinya kerumah, mengapa ada salju, mengapa orang botak. Pertanyaan tersebut hanya dijawab dengan mengulang pertanyaannya saja.
8.     Spiritual
Spiritual diambil kata spiritus  yang artinya sesuatu yang bisa memperkuat vitalitas hidup kita. Spiritual atau spiritus itu menurut teori dasarnya memang berbeda dengan agama. Spiritus adalah bawaan manusia dari lahir, sedangkan agama adalah sesuatu yang datangnya dari luar diri kita. Agama memiliki seperangkat ajaran yang dimasukan ke dalam tubuh kita. Ajaran agama, sejauh itu diserap dari kulit sampai isi maka akan meningkatkan spiritual kita.
                        Sam berdoa agar ia bisa memenangkan hak asuhnya terhadap Lucy.
9.     Motivasi
Motivasi adalah suatu dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu.
Bahwa Sam mempunyai  motivasi meskipun memiliki kekurangan salah satunya dengan motivasi dia untuk mempertahankan Lucy untuk bersamanya. Tetapi pada akhirnya pun mereka tidak berhasil memenangkan hak asuh nya terhadap Lucy. Hak asuh Lucy jatuh ke tangan orang tua angkatnya Randy Carpenter.  Karena ikatan kasih sayang anatara orang tua dan anak Sam dan Lucy tidak dapat dipisahkan. Meski hak asuh nya telah jatuh ke tangan orang lain, Sam dan Lucy masih saja tetap bersama. Sam akhirnya membeli rumah di dekat rumah orang tua asuh Lucy dan memiliki pekerjaan baru yaitu perawat anjing. Setiap malam pun Lucy tetap bolak-balik ke rumah Sam memanjat jendela nya. Sampai-sampai akhirnya Randy orang tua asuh Lucy mengaku dan menyerahkan Lucy kembali kepada Sam dengan syarat dia tetap ikut berpartisipasi merawat Lucy sampai besar.
v  Kesimpulan
Sam Dawson yang diperankan oleh Sean Penn mengalami Retardasi Mental. Retardasi mental adalah keadaan dengan Intelegensi yang kurang (subnormal) sejak masa perkembangan (sejak lahir atau sejak masa anak), biasanya terdapat perkembanagn mental yang kurang secara keseluruhan tetapi gejala utama pada retardasi mental ialah intelegensi yang terbelakang atau keterbelakangan mental. Keadaan ini dikenal juga Tunagrahita.
Sam terlalu diragukan untuk merawat Lucy, padahal dari film tersebut Sam mampu melakukannya meskipun dia memerlukan bantuan dari seseorang. Dia juga tidak seburuk yang mereka kira.
Kita harus merubah cara pandang kita, mereka punya hak yang sama seperti orang normal lainnya. Bahwa setiap orang itu pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga kita harus tetap saling menghargai satu sama lain dan mulai melakukan hal-hal untuk mendukung mereka.

Komentar

  1. Maaf boleh tau daftar pustaka nya? Untuk pembahasan retardasi mental dan therapy nya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Film Indentity

Analisis Film Iron Man 3